Ayo Jalan-Jalan Ke Taman Pemalang

2 144

Hello, Ayo main ke Taman Pemalang Kabupaten Pemalang.
Taman Pemalang dekat mana sih. Seberapa besar luas Taman Pemalang, ada apa saja di Taman Pemalang itu? Penasaran?????

Ayo Jelong-Jelong di Taman Pemalang. Eeeeit Nandi dulu kita luruskan Taman Pemalang, ini bukan Taman biasa karena Taman merupakan salah satu nama Kecamatan, Pemalang selain dipakai sebagai nama Kabupaten, ia juga merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Pemalang. Taman Pemalang merupakan kecamatan yang gandeng berada di jalur pantura.
Kemanakah kita kalau ingin berwisata sekitar Taman Pemalang ?

Kita mulai saja Jelong-Jelong muter muter wisata di kecamatan Pemalang. Ayo kita mulai dari sebelah utara kecamatan Pemalang. Kita dapat berwisata di Kompleks Obyek Wisata Widuri. Obyek Wisata yang berada di Jl. Laksda Jl. Yos Sudarso No.1, Kelurahan Widuri, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang ini berada di sebelah utara sekitar 3,2 km dari alun-alun kota Pemalang.

Di Obyek Wisata Widuri salah satunya ada Widuri Water Park terletak di dalam kawasan pantai Widuri dengan luas area mencapai 6,5 hektar. Widuri Water Park menawarkan beragam wahana permainan air antara lain: Wahana bumerang (Little Rip), Seluncur (Water Slide), Permainan Anak (Kid Water Playground) yang dilengkapi ember tumpah , Kolam Arus (Lazy Rivers), Ventura River tentunya wahana bermain air buang disukai oleh para wisatawan baik tua maupun anak-anak.

Menyatu dengan Waterpark ada dermaga yang dulunya diperuntukkan bagi wisatawan yang akan naik kapal wisata berkeliling di sekitar garis pantai. Akan tetapi karena berbagai hal layanan kapal tersebut tertunda. Dermaga ini mempunyai view yang bagus untuk berswa foto (selfie) maupun kegiatan fotografi.

Selain Waterpark, obyek wisata widuri juga menawarkan berbagai arena antara lain outbound dan sedang dibangun kolam renang standar nasional.

Keluar dari obyek wisata widuri , di sebelah timur berdempetan dengan obyek wisata dapat kita lihat sirkuit road race bertaraf Nasional disamping digunakan lintasan joging maupun kegiatan olah raga lainnya.

Di Pantai Widuri ini, dapat kita nikmati deburan ombak yang tenang, di bawah rimbunnya cemara laut sambil menikmati hangatnya teh poci, dengan hidangan mendoan ataupun nasi megono. Tersedia juga berbagai warung lesehan yang menyediakan menu menu Pemalangan antara lain lotek, megono, mendoan dll.

Di Pantai ini ada larangan mandi di laut, jadi pastikan anggota keluarga yang bermain air maupun pasir untuk berhati hati.

Setelah dari pantai kita telusuri ke arah barat sekitar 400 meter, kita dapat melakukan wisata religi. Di tepi pantai widuri disemayamkan Syekh Maulana Syamsuddin, salah satu tokoh ulama yang menyebarkan ajaran agama Islam di daerah Pemalang. Di sepanjang pantai Widuri ini berderet warung makan yang menyediakan berbagai ikan laut. Menu utamanya adalah ikan, baik digoreng maupun di bakar.

Setelah puas menyantap makanan laut, kita dapat mengunjungi tempat pelelangan ikan (TPI) yang berada di dusun Tanjungsari, Kelurahan Sugihwaras. TPI yang dekat dengan dermaga Kapal nelayan ini memberi nuansa yang berbeda. Nuansa perkampungan nelayan sangatlah terlihat. Apabila berkesempatan melihat matahari terbenam, tanggul muara sungai Tanjungsari menjadi salah satu pilihan yang menarik.

Di Sugihwaras pada bulan November 2016 dilaksanakan festival pesisir, rencana merupakan agenda tahunan di kelurahan Sugihwaras, dengan menampilkan budaya pesisir, seni pesisir, kegiatan sosial, lomba-lomba dan diakhiri dengan larung sesaji atau baritan.

Dari kelurahan Sugihwaras, mari kita ke Taman, kita lanjutkan ke ke dusun Mlaki , Kelurahan Wanarejan Selatan, disana kita dapat melihat produksi kain Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Dusun Mlaki ini merupakan sentra produksi kain tenun dengan produk unggulannya kain goyor dan sarung toldem kjarenpak Ganjar Pranowo artiné Nyantol Adem)

Setelah melihat hasil kerajinan kain ATBM, kita dapat melanjutkan melihat karya batik Pemalangan di kelurahan Mulyoharjo nih balik lagi ke Pemalang, hanya berjarak sekitar 3 Km.

Berbagai corak batik Pemalangan, kain songket Pemalangan dan berbagai kerajinan yang berbahan kain dapat kita nikmati di Museum Batik Pacaran Widuri di Jl. A. Yani Selatan, No. 50, Mulyoharjo, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, milik dr. Pantjer Budi Waluyo, SpOG (K). Beberapa rekor Muri juga dipecahkan oleh Museum Pancaran Widuri lho lihat aja plakat kalau kesana.

Setelah dari museum batik, anda dapat membeli oleh-oleh khas Pemalang yaitu Khamir di daerah kampung Arab, Kelurahan Mulyoharjo. Berbagai gerai dan kitchen open dapat kita jumpai di sana. Setelah puas dan capek jalan jalan hari ini akan kita teriakan besok pagi. Malam ini dapat beristirahat di hotel yang representatif di tengah kota antara hotel Sentana Mulia, hotel Kencana, hotel Murni, hotel Pemalang, hotel Winners ataupun hotel tertua di Pemalang yaitu Hotel Dwi Sri. Atau agak ke pinggir ada hotel bintang 3 di hotel Regina.

Setelah rehat semalam, Jelong-Jelong Pemalangan anda dapat dilanjutkan dengan di awali olahraga renang yang segar menyehatkan di salah satu icon wisata Pemalang Zatobay Waterboom. Obyek Wisata buatan ini terletak di di Jl. Wahid Hasyim no 17 Kelurahan Wanarejan, Kecamatan Taman, kabupaten Pemalang.

Menurut Imam Soedrajat, SE., selaku manager di obyek wisata buatan menyatakan “Zatobay pertama kali launching pada tanggal 8 Agustus 2012, yang dilatar belakangi minimnya wahana bermain, rekreasi dan pendidikan aquatic yang ada di pemalang, maka diharapkan adanya wahana air zatobay waterboom ini dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut”.

Dengan tagline “Taman wisata air  dan kolam renang pendidikan, Zatobay berusaha mewujudkan hal tersebut. Sebagai pusat rekreasi keluarga, Zatobay menyediakan fasilitas kolam renang anak (kids pool) yang dilengkapi dengan air mancur dari kanan kiri kolam dengan pusat pancuran jamur, disampingnya ada kolam ember tumpah yang setiap 2 menit akan menumpahkan air, dilengkapi dengan rumah pancuran sehingga anak anak dapat bermain dan berbasah ria dengan puas. Ada slider mini dan slider lengkung memungkinkan anak mengasah keberanianya. Dari kedua kolam tersebut di lingkupi dengan kolam arus, sepanjang kurang lebih 300 m. Untuk menambah ke asyikan bermain air ini zatobay juga menyediakan persewaan perahu karet. Kolam selanjutnya adalah kolam waterboom, kolam yang dilengkapi dengan fasilitas menara slider pendek dan slider spiral dapat memacu andrenalin anda.

Saat ini Zatobay Waterboom sudah hampir selesai berbenah dengan penambahan kolam renang standar dengan panjang lintasan 50 meter.

Setelah selesai berenang, anda dapat meneruskan perjalanan anda ke menikmati obyek wisata yang ada di Desa Surajaya yaitu obyek Wisata Pangeran Purbaya Surajaya (WIPPAS).

Obyek Wisata yang dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Surajaya ini selain menyajikan keindahan alam pedesaan juga ada makam (patilasan/situs) Pangeran Purbaya.

Jalur obyek wisata ini dapat kita tempuh dari alun alun Pemalang ke arah selatan sekitar 6,1 km sampai pasar Paduraksa, setelah itu belok ke kanan (Barat) ikuti jalan inspeksi pengairan sampai terlihat desa Surajaya, masuk ke desa Surajaya maka anda dapat mengikuti petunjuk arah menuju obyek wisata tersebut. Jarak dari pasar Paduraksa ke obyek wisata sekitar 4 km.

Obyek Wisata yang masuk dalam wilayah pemangku hutan KPH Pemalang dan tanah desa Surajaya ini selain ada patilasan (situs) Pangeran Purbaya juga dapat kita nikmati rindangnya pepohonan yang sudah berumur ratusan tahun. Letak makam (situs) ini terletak diatas gumuk (ataupun bukit) sehingga di dekat situs tersebut kita dapat memandang kota Pemalang dan pabrik gula Sumberharjo dengan jelas.

Puluhan kera yang jinak merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena para wisatawan dapat langsung memberi makan kepada kera tersebut. Berbagai jenis burung pun dapat kita nikmati di sana.

Selain itu, di Wippas terdapat embung dengan air yang jernih dan adanya kearifan lokal sehingga air dan hewan hewan air lainnya dapat hidup di embung tersebut dengan baik. Pengelolaan obyek wisata juga sudah memanjakan wisatawan dengan adanya gazebo gazebo dibeberapa titik, terutama di tepi embung tersebut.

Embung Surajaya sendiri dalam mitosnya sebagai Tamansari bagi bidadari dari khayangan.

Selain itu, pokdarwis kedepan akan membuat mini zoo (kebon binatang mini ) guna memberikan pendidikan dan pengenalan hewan bagi anak anak sekolah yang berkunjung ke sana.

Setelah refresh di Wippas anda dapat menikmati kuliner khas Pemalang antara lain nasi grombyang, Lontong dekem, sate loso maupun tahu campur khas Pemalang.

Lihat selengkapnya di sini :
Dan janganlah lupa membeli oleh oleh sebagai buah tangan khas Pemalang antara lain ogel-ogel, khamir buto, khamir Arab, Peyek kacang, Peyek Paris, Peyek paru.

Ajak saudara, teman, kerabat dan handaitaulan berjalan jalan dan wisata di kecamatan Pemalang.

Salam Dolan Dolanan
#Ayomayengpemalangan

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

2 Comments

  1. Hadi Prayitno says

    Tamannya keren juga ya ternyata.

    Ngomong-ngomong, bergabung dengan generasi pariwisata jawa tengah itu tujuannya apa ya?

    1. admin says

      mas Hadi Prayitno, tujuan bergabung dengan Generasi Pariwisata Jawa Tengah adalah semata-mata untuk mengumpulkan para anak muda kreatif yang ingin mempromosikan potensi wisata di daerahnya masing-masing.