Gebrakan Indosat Ooredoo Siap Rubah Dunia Digital dengan Coding IDCamp

0 243

Semarang, generasipiknik.com – Provider telekomunikasi Indosat Ooredoo mengajak para anak muda bertalenta untuk bersama-sama merubah dunia digital dengan siap diberi materi modul kelas digital sampai memahami dan mahir dalam bidang digital teknologi.

Kelas digital itu dinamai Indosat Ooredoo Digital Camp atau IDCamp, akan hadir di kampus-kampus siap untuk mencetak developer atau programmer muda Indonesia yang tersertifikasi global yang siap bersaing di dunia ekonomi digital. Kegiatan ini mulai digelar pada Agustus ini, Universitas Diponegoro Semarang menjadi tempat pertama dalam roadshow IDCamp, pada Selasa (20/8/2019).

Mencetak 10.000 Ahli Digital dan Programmer Handal

Pendaftaran IDCamp dibuka mulai dari 2 Agustus sampai dengan 27 September 2019. Akan memberikan beasiswa sebanyak 10.000 talenta muda berbakat pada digital hingga lebih mahir dan siap untuk mengisi pos-pos karir bidang digital yang makin banyak dibutuhkan dalam dunia kerja dan industri kreatif dewasa ini.

“Beasiswa untuk anak muda agar menguasai coding dan programing. Kita akan mencetak talent tenaga profesional digital untuk menguasai dunia digital,” kata Irsyad Sahroni, Director & Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo.

Menurut Irsyad, kebutuhan tenaga profesional digital sangat besar. Apalagi pergeseran dunia telekomunikasi termasuk Indosat Ooredoo juga sangat membutuhkan tenaga digital untuk mengisi pos-pos konten yang ada.

“Dulu provider berkejar dalam target penjualan pulsa telepon dan SMS, saat ini justru dunia digital merajai, banyak aplikasi yang bisa dikonversi dari produk digital,” katanya.

IDCamp Hadir di 20 Kampus di Kota Seluruh Indonesia

Bagi yang berminat bisa mendaftarkan diri di kampus-kampus yang menjadi tempat penyelanggaraan IDCamp. Ada sebanyak 20 kampus akan disambangi Indosat Ooredoo untuk menjemput talenta muda digital masa depan Indonesia.

“Jika kamu minat digital, berapa pun usia mu silakan mendaftar. Batasan usia maksimal 29 tahun,” kata Irsyad.

Selain itu, peserta yang bukan dari mahasiswa atau berada di luar kota pada 20 kampus yang disambangi masih berkesempatan bisa mendaftarkan diri. Cukup mendatangi kampus tersebut, informasi lebih lanjut bisa mengakses Idcamp.indosatooredoo.com.

“Kita akan ada di Solo, Surabaya, Medan, Jakarta, dan banyak lainnya,” katanya.

Ada Kelas Digital mulai dari Beginner sampai Ekspert

Sejak dibuka pendaftaran pada 2 Agustus 2019 dan diawali roadshow pertama kalinya, pendaftar IDCamp sudah tembus 9.000 pendaftar. Pendaftaran tidak akan dibatasi jumlahnya sampai penutupan pendaftaran pada 27 September 2019.

“Berapa nanti yang lolos akan kami akomodir. Akan ada pelatihan online digital mulai dari entry level atau beginner, sampai expert,” katanya.

Dari 10.000 peserta akan diberikan modul pelatihan developer online yang mencakup modul menjadi Android Developer Expert, Kotlin Android Developer Expert, dan membangun Progressive Web Application untuk tingkat beginner dan expert. Disediakan juga pelatihan offline (tatap muka) bagi calon-calon developer yang memiliki keterbatasan (difabel).

“Pelatihan selama enam bulan, dua bulan untuk kelas beginner, jika lolos lagi maka akan masuk tahap level expert yang menempuh kelas empat bulan,” jelasnya.PP

Pengakuan Profesional Sertifikat Berstandar Global

Program berlangsung dari 2 Agustus 2019 sampai 2 Februari 2020. Akan dipilih sebanyak 1000 developer digital atau programer dari kelas expert, yang selanjutnya akan dipilih kembali 100 terbaik mendapat kesempatan peluang dunia kerja.

“Kami memberi kesempatan 100 terbaik developer digital atau programer, bisa di Indosat Ooredoo atau kalau ingin berkarir di kuat kami persilakan,” katanya.

Mereka yang berhasil dalam IDCamp akan diberi sertifikasi berupa serifikat berstandar global atas pelatihan digital yang ditempuh. Hal itu sebagai pengakuan bahwa mereka telah expert di bidangnya. Apalagi Indonesia sesuai program pemerintah pada 2020 harus mempersiapkan anak muda yang paham dunia developer digital dan programmer coding.

“Sertifikasi sangat penting, saat ini ada empat unicorn, mereka butuh talent untuk tumbuh, masih ada kelangkaan fungsi pekerjaan digital. Pada 2025 akan ada 6 juta peluang kerja digital, atau tiap tahun ada 600 ribu talent digital yang dibutuhkan,” tukasnya. (win)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.