GoTix-Masata Kenalkan Cara Kerja Destinasi Wisata dan Atraksi Aman dari Covid

Pengunjung atau masyarakat akan dimudahkan dalam membeli tiket destinasi wisata, atraksi, dan hiburan bisa didapat dalam satu genggaman pada aplikasi GoTix yang ada pada platform Gojek.

0 64

Generasipiknik.com – Komunitas Masyarakat Sadar Wisata (Masata) berkolaborasi dengan platform digital Tiket (Gojek) mengenalkan platform tiketing GoTix.

Kalian para pengunjung atau masyarakat akan dimudahkan dalam membeli tiket destinasi wisata, atraksi, dan hiburan bisa didapat dalam satu genggaman pada aplikasi GoTix yang ada pada platform Gojek.

Kolaborasi GoTix dan Masata (Dok. Gojek)

Head of Loket, Tubagus Utama, dalam siaran resminya yang diterima Generasipiknik.com, Senin (31/8), menyebut jika Masata memiliki komitmen dalam mendukung pariwisata berkelanjutan di Indonesia.

“Merupakan mitra tepat bagi kami dalam merangkul para pengelola destinasi wisata dan atraksi Indonesia agar bahu-membahu menerapkan protokol kebersihan di lokasi, demi keamanan dan kenyamanan bersama,” jelas Tubagus.

Lalu bagaiman cara mengakses dan manfaat GoTix bagi pengunjung, masyarakat dan pengelola wisata? Berikut panduannya dilansir dari Gojek.com.

Beragam Pilihan Hiburan

Cukup buka aplikasi Gojek, pilih menu GoTix.
Kalian bisa membeli tiket nonton, tiket konser, tiket pertandingan olahraga, tiket wisata Indonesia, tiket wisata luar negeri, dan berbagai tiket aktivitas menarik lainnya. Pembayaran di GoTix bisa melalui GoPay, Transfer antar Bank, Kartu Kredit, atau Paylater.

Tutorial Beli Tiket di GoTix

Setelah masuk di platform GoTix, dan kalian menentukan pilihan event atau atraksi, lalu klik detail pesanan termasuk nilai nominal pembayaran. Lakukan pembayaran, e-tiket akan terkirim. Bisa dicek pada pohon kanan atas bergambar ikon tiket.

Lalu manfaat apa yang didapat bagi pengelola tempat wisata, event, dan atraksi?

Melalui GoTix, destinasi wisata dan atraksi bisa mendapat beberapa manfaat lebih dan dipastikan secara otomatis akan memenuhi tiga syarat utama dalam menerapkan standar protokol kesehatan.

1. Jumlah pengunjung tidak lebih dari 50%

GoTix mengaktifkan fitur manajemen kapasitas dan sistem yang mendukung alokasi pengaturan waktu bagi pengunjung agar tidak terjadi penumpukan pengunjung dalam sekali kunjungan. Melalui program GoTix Super Partner, GoTix mendorong para pengelola destinasi wisata dan atraksi untuk menerapkan protokol yang mengacu pada organisasi kesehatan resmi, dengan memanfaatkan platform reservasi online yang dilengkapi fitur manajemen kapasitas.

2. Standar kebersihan terpenuhi

GoTix melakukan penilaian secara berkelanjutan terhadap kebersihan di destinasi wisata dan atraksi, termasuk survei setiap bulan ke destinasi wisata dan atraksi oleh MASATA untuk memastikan pelaksanaan standarisasi kebersihan. Dalam penerapan kerja sama ini, MASATA mengadaptasi protokol kesehatan yang dikeluarkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yaitu pada prinsip Cleanliness, Healthy, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE).

3. Sosialisasi kebiasaan baru di destinasi wisata

GoTix dan MASATA secara rutin menggelar seminar virtual untuk mensosialisasikan kebiasaan baru yang harus diikuti oleh pengunjung. Seminar virtual akan ditayangkan di situs pengelola destinasi wisata atau atraksi maupun di platform GoTix dan situs www.go-tix.id. Ketua Umum Masyarakat Sadar Wisata (MASATA) Panca R Sarungu menyatakan, kerja sama ini adalah sebuah kolaborasi partisipatif antar perusahaan super app dengan gerakan pariwisata berbasis komunitas untuk ikut mendorong perekonomian namun tetap menjaga kenyamanan dan keamanan. “Pengurus daerah kami secara suka rela akan bekerja sama dengan pemilik lokasi wisata, untuk turut aktif memikirkan atraksi baru yang dapat ditawarkan pada pengguna aplikasi Gojek,” kata dia.

4. Networking Jangkauan Pengunjung
Para mitra wisata dan atraksi yang bergabung dalam GoTix Super Partner akan mendapatkan kesempatan untuk memperluas jangkauan pengunjung melalui eksposur optimal di platform GoTix pada aplikasi Gojek dengan mengenakan tanda Hygiene Protocol Applied. Selain itu mitra dapat menjadi percontohan bagi para pelaku destinasi wisata dan atraksi lain di Indonesia.

5. Tururt Menyukseskan Program ‘InDOnesia CARE’
Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf Wisnu Bawa Tarunajaya mengapresiasi Gojek yang secara cepat dan tanggap mendukung pemerintah untuk mensosialisasi dan mengimplementasi protokol kesehatan InDOnesia CARE melalui inisiatif GoTix Super Partner.

InDOnesia CARE diluncurkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menghadirkan destinasi wisata dan atraksi yang mengedepankan sanitasi, higienitas, dan pelayanan tanpa kontak langsung.

“GoTix dan MASATA akan secara aktif menyuarakan gerakan standarisasi kebersihan ini demi mendukung penuh tatanan hidup baru di ruang publik wisata dan atraksi,” kata dia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.