Istimewanya Sunrise Punthuk Setumbu Muncul di Agustus

Merbabu - Borobudur Bisa Terlihat Jelas

0 204

MAGELANG, generasipiknik.com  – Pesona keindahan sunrise atau matahari  d terbit selalu mmenjadi obyek buruan. Tak hanya wisatawan juga banyak fotografer mengabadikan momen alam ini.

Tak salah jika memilihi Punthuk Setumbu Karangrejo Magelang sebagai tempat berburu sunrise yang menawan. Apalagi di Agustus nanti adalah bulan terbaik untuk melihat cahaya matahari pagi muncul (sunrise) di Punthuk Setumbu.

Agustus merupakan masuknya musim kemarau sehingga matahari pagi tidak terhalang awan atau pun mendung. Spot sunrise Bukit Punthuk Setumbu terbaik bisa didapat untuk menyaksikan sunrise dengan latar Gunung Merapi-Merbabu dan Borobudur.

Saat pagi merekah dari tempat ini wisatawan bisa melihat megahnya Candi Borobudur yang terkurung lautan kabut. Gradasi warna putih keabu-abuan dengan bayangan hitam stupa Borobudur menjadi pesona tersendiri.

Wisatawan harus tiba di tempat ini sebelum pukul 05.00 WIB. Waktu sunrise sekitar pukul 05. 45 WIB. Dari parkiran yang ada di kaki bukit, wisatawan harus trekking sekitar 15 menit untuk mencapai puncak dengan rute berupa anak tangga dan jalan cor. Bagi yang tidak kuat trekking hingga puncak, tak jauh dari pintu masuk ada gazebo dan rumah pohon di mana wisatawan sudah bisa menyaksikan Borobudur dari tempat itu.

Maka, sunrise bukit yang tenar karena film AADC #2 ini pun menjadi banyak buruan para turis asing seperti Belanda, Perancis, Tiongkok, Jepang hingga Malaysia dan Singapura dalam rombongan maupun perorangan.

Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit yang terletak di gugusan Pegunungan Menoreh. Dulunya tempat ini merupakan ladang penduduk. Baru setelah seorang fotografer mengabadikan gambar sunrise Borobudur nan epik dari tempat ini, orang-orang pun berdatangan untuk mengunjungi tempat ini guna menyaksikan sunrise.

Karena masuk musim kemarau, dipastikan suhu udara di kawasan ini akan lebih dingin dari biasanya. Maka, bawalah perbekalan yang memadai seperti jaket yang hangat dan siapkan kondisi fisik yang optimal. jika tak mau tertinggal  momen sunrise, menginap disini juga menjadi pilihan bagus.

Di sela-sela menikmati sunrise, wisatawan bisa berswafoto di spot-spot yang  disediakan. Ada ayunan, ikon “Love” maupun papan panjang yang semuanya menghadirkan foto seakan berada di atas langit. Keindahan sunrise di Punthuk Setumbu ini dikenal sebagai  Borobudur nirwana sunrise.

Di Desa Wisata Karangrejo, pengelola Punthuk Setumbu, destinasi wisata alam ini sekarang buka 24 jam. Karena sekarang banyak yang lebih suka camping dengan tenda di atas. Biasanya satu keluarga naik sore lalu memasang tenda di puncak. Atau rombongan anak-anak remaja,  yang akan baru turun usai sunrise.

Bagi yang ingin menginap, dan tidak siap dengan tenda, tak perlu khawatir. Ada banyak homestay dan penginapan di kawasan ini. Semuanya dikelola warga. Wisata Punthuk Setumbu dikelola Desa Wisata Karangrejo.

Untuk dapat menikmati berbagai pesona di Punthuk Setumbu ini, wisatawan hanya dikenakan biaya masuk Rp 15.000 (wisnus) dan Rp 30.000 (wisman). Parkir Rp 2.000 (sepeda motor), Rp 5.000 (mobil). Dengan semua itu bisa menikmati sunrise, bermain ayunan, dan berfoto di sejumlah spot yang disediakan.

Akses ke Bukit Punthuk Setumbu ini yang terletak tidak jauh dari Candi Borobudur, tepatnya di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang ini sangat mudah. Dari Yogyakarta dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Ada rambu-rambu bertuliskan “Punthuk Setumbu” dan tanda panah yang jelas sejak dari jalan setelah Museum Widayat, Mendut.

Dari depan Taman Wisata Candi Borobudur silakan melaju ke arah pintu masuk Hotel Manohara, kemudian lurus terus ke arah perbukitan Menoreh. Tak jauh dari situ ada pertigaan dan petunjuk arah bertuliskan Borobudur Nirvana Sunrise. Silakan belok kanan mengikuti petunjuk arah hingga sampai di tempat parkir Bukit Punthuk Setumbu. Sebelum masuk ke tempat parkir ini ada petugas yang mengarahkan kendaraan Anda sembari menyodorkan kartu tanda parkir.  (win)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.