Jadikan Karimunjawa Wisata Kepeminatan Khusus

Obwis Karimunjawa beda dengan Bali

0 72

SEMARANG, generasipiknik.com – Eksotisme wisata bahari Karimunjawa tak kalah dengan destinasi wisata di kepulauan lainnya yang ada di Indonesia. Bahkan karena masih asri menjadikan kawasan yang dihuni oleh 27 pulau kecil ini kerap disebut sebagai surga bahari yang terpendam.

Pasir putih halus yang menghampar luas serta keindahan bahari bawah lautnya, menjadi pilihan utama wisatawan dalam memilih Karimun Jawa sebagai tempat berlibur. Tak hanya dapat menikmati keindahan laut, daratan yang ada di pulau Karimun Jawa pun menyimpan keindahan yang tak terkira.

Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah pun kini memasukan Karimunjawa sebagai satu dari empat masterplan kawasan wisata yang menjadi prioritas selain Borobudur, Sangiran, dan Dieng. Bahwa Karimunjawa menjadi destinasi wisata kepeminatan khusus.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Jateng, Urip Sihabudin (tengah) bersama Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Jateng

“Konsepnya eksklusif wisata kepeminatan khusus, jika wisatawan baik asing dan lokal sudah ingin kesana pasti ya kesana berapapun ongkos yang harus ditanggungnya,” kata Urip Sihabudin, Kepala Disporpar Jateng, baru-baru ini.

Wisata minat khusus itulah merupakan jurus Disporpora Jateng dalam mempromosikan Karimunjawa. Di Karimunjawa akan tampak berbeda dan unik dibanding tempat sejenis yang telah ada. Bahwa pulau yang masuk Kabupaten Jepara ini bukanlah kebanyakan tempat wisata sejenisnya yang mengkonsep mass tourism (wisata massa) seperti Bali, Lombok atau wisata massa yang lainnya.

“Kalau mass tourism, Karimunjawa bisa rusak karena disana masih sebagai wilayah konservasi, dan itu menjadi daya tarik juga karena bisa menjelajah hutan mangrove yang lebat namun aksesnya bagus seperti jalan dan jembatan kayu saat menyusur hutan mangrove,” ujarnya.

Wisata minat khusus saat ini banyak diminati wisatawan mancanegara, terutama dalam menjelajah bawah lautnya seperti snorkeling dan diving. Eksplorasi beberapa pulau kecil di kepulauan Karimunjawa seperti Pulau Nyamuk, Kecil, Gosong, dan Pulau Parang memberikan suguhan keindahan yang berbeda dari tempat lain. (win)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.