Menelisik Perawannya Perairan Tidore Surganya Snorkeling dan Diving

0 102

TIDORE, generasipiknik.com – Selain sohor sebagai kepulauan kaya rempah. Tidore juga dikenal sebagai surganya destinasi bahari, banyak spot untuk snorkeling dan diving.

Menariknya, belum banyak spot tereksplore keindahan bawah laut perairan Tidore. Menjadi surga tersembunyi para snorkeler dan diver.

Beberapa spot snorkeling dan diving di Tidore tak kalah memukau dengan lokasi di Bali, Labuan Bajo, atau Bunaken.

Beberapa gerbang spot snorkeling dan diving bisa dijajal di Tugulufa, Tanjung Rum, sekitar Pulau Failonga, dan Pulau Maitara.

Menyekami surga underwater tourism Tidore, banyak menyimpan bermacam terumbu karang, bunga karang, rumput laut, dan ribuan spesies ikan. Semua masih perawan.

Seprti pada spot menyelam di Tugulufa memiliki kedalaman di lima meter, dan satu meter bagi pemula karena soft koral dengan suhu standar berkisar 28 derajat.

Di spot Tugulufa penyelam bisa berkesempatan berinteraksi dengan soft koral, dan diving di 20 meter ada gerombolan (schooling) ikan cakalang dan tuna. Di Tugulufa pula cocok bagi penyelam pemula karena lokasi snorkeling dan diving langsung berada dipinggir pantai.

Penyelam bisa mencoba mulai dari 2 meter pesisir Tugulufa sampai menurun menikmati indahnya underwater nya

Dan menjadi sebuah tradisi, di Tugulufa setiap 17 Agustus dilakukan upacara bendera bawah laut di kedalaman 23 meter dengan membentangkan bendera seperti layaknya didaratkan

Di Tugulufa pula terdapat Tugu GMT bawah laut di buat tahun 2016 dengan transplantasi karang laut di kedalaman 2 meter sampai 12 meter. Jadi sangat bagus untuk pemandangan snorkeling

Titik selam terfavorit lainnya ada di Tanjung Rum, sebuah dermaga pintu masuk Tidore dari pulau-pulau sekitarnya, letaknya 25 km dari pusat kota Soasio, dan spot Pulau Failonga berjarak 15 menit menyeberang pakai Speedboat dari Pelabuhan Trikora.

Tanjung Rum bisa melihat aneka jenis nudie semacam siput laut, aneka koral warna-warni,dan tabel koral yang masih sangat sehat.

Nah, Waktu yang tepat untuk snorkel dan dive pada di semua spot di Tidore bisa dari pagi sampai sore sekitar jam 7 pagi sampai 6 sore. Karena sinar matahari belum terik.

Ada pula titik di Pulau Mare, selain melihat lumba-lumba juga bisa snorkeling dan dive dan bisa melihat permukaan air gerombolan ikan kecil di depan pulau tersebut.

Di Pulau Mare ada dua titik spot indah, didepan permukiman pulau dan disebelah kanan pulau, ada dinding batuan, dan soft koral di kedalaman 12-15 meter saat menyelam.

Soft koral Pulau Mare akan menjadi sensasi tersendiri dengan banyaknya ikan hias warna warni termasuk ikan Nemo atau Anemon.

Sebagai informasi, sewa peralatan diving dengan guide biasanya sekitar 500 ribu per set dengan satu guide untuk satu tangki oksigen , atau satu jam menyelam.

Bisa juga dengan paket dengan menu makan sampai 750 ribu, dengan menu sarapan, makan siang dan sore termasuk snack.

Tips bagi yang baru pertama di Tidore bisa cari informasi di kantor Disbudpar Tidore di lapangan yang biasa disebut Open Space Tidore.

Ada satu lagi spot indah menyelam yakni di lokasi Benteng Tahula yang berada pas di pinggir pantai.

Di pantai itu dikedalamaan 8-15 meter banyak ditemukan guci-guci kuno peninggalan Portugis yang sudah ditumbuhi terumbu karang

Ada juga di bawah jembatan pelabuhan Trikora meski dangkal hanya 3-12 meter itu tiang pelabuhan banyak seafen (akar Bahar) banyak pecinta underwater foto menjadi tempat favorit berfoto underwater. (win)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.