Meriah, Warga dan ASN di Pakalongan Nari Poco-Poco Bersarung Batik

Peringati Hari Batik Nasional

0 108

PEKALONGAN, generasipiknik.com – Ribuan warga Pekalongan bersama-sama menari Poco-Poco dengan bersarung jarik batik. Sebelumnya, bersama para aparatur sipil negara (ASN) Kota Pekalongan menggelar upacara Hari Batik Nasional di halaman Museum Batik Pekalongan, Selasa (2/10/2018).

Mereka berdandan mengenakan kain jarik aneka motif khas Pekalongan yang dipakai bersarung dibagian bawah pakaian formal.

Tampak pula barisan anggota Linmas Pemkot Pekalongan menyarungkan lilitan batik pada seragam hijau pakaian dinas lapangan (PDL).

Tak ketinggalan, barisan para ASN dengan seragam wajib atas warna putih bersarung batik serta berpeci berjejer warna-warni motif batik Pekalongan.

Usai upacara, dibaca dan ditandatangi komitmen dalam melestarikan batik yang tertuang dalam Komitmen Generasi Penerus Batik Pekalongan.

“Semangat yang membara dari generasi muda Pekalongan untuk tetap melestarikan warisan budaya non benda ini, mempertahankan predikat Pekalongan sebagai kota batik dunia,” kata Saelany Machfudz, saat menandatangani komitmen Generasi Penerus Batik.

Setelahnya, sang Walikota pun turut mengaba-aba untuk tiap barisan mengambil jarak menari Poco-Poco secara serentak.

Turut pula menari dari warna-warni jarik batik yang disarungkan oleh warga yang tergabung dalam beberapa komunitas seperti paguyuban pecinta batik Pekalongan, Genpi Pekalongan, blogger Pekalongan, Pekalongan Heritage, Paguyuban Kampung Batik Pekalongan, serta pelajar, TNI dan POLRI.

Romi Oktabirawa, Koordinator Generasi Penerus Batik menyampaikan, ada lima poin sebagai komitmen menjaga warisan budaya batik Pekalongan.

“Di antaranya mempertahankan batik sebagai warisan budaya tak benda UNESCO. Mempertahankan predikat Kota Pekalongan sebagai Kota Kreatif Dunia UNESCO, untuk bidang kerajinan dan kesenian rakyat,” katanya.

Selain itu, berkomitmen membangun industri batik yang ramah lingkungan, mempertahankan melestarikan dan mengembangkan budaya batik asli, batik tulis, batik cap atau kombinas keduanya, serta menjunjung tinggi perdagangan batik yang jujur dan adil. (win)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.