Milenial Nan Tradisional, Tempat Baru Berburu Klithikan Kota Lama di Galeri Industri Kreatif

Akhir April akan Diresmikan

0 135

SEMARANG, generasipiknik.com – Siapa sangka jika para penjual dan pemburu barang antik kuno syarat sejarah di Pasar Klithikan Kota Lama akan dibawa nuansa pengalaman baru dalam berburu barang antik.

Mereka akan dipertemukan di teempat baru, yakni gedung bersejarah Gedung PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) yang terletak di belakang Gereja Blenduk. Tempat itu dinamai Galeri Industri Kreatif.

Salah satu ruangan kluster yang akan ditempati produk IKM

Gedung itu punya luasan 2.000 meter persegi, ada tujuh ruangan yang akan dipakai oleh para penjual barang klithikan, yakni pedagang Padangrani dan Kokakola. Ruangan lainnya, akan ditempati para pegiat industri kreatif lainnya seperti handyceaft, fashion, aneka logam, dan furniture.

Kekinian, eks gedung PT PPI itu tengah dipoles, dibuat lebih bersih, dengan sentuhan pasar moderen yang dikombinasikan dengan eksotisnya sebuah gedung cagar budaya.

Ketujuh ruangan itu juga dibentuk kluster sesuai jenis dagangnya, sehingga memasuki gedung Galeri Industri Kreatif, mirip sedang berbelanja di sebuah mall Eropa yang klasik tradisional namun tetap milenial.

Eksotisme gedung kuno PT PPI yang jadi tempat baru pedangan Klithikan dan produk IKM pilhan

Kekhasan kluster itu juga dapat dilihat dari bentuk lapak galeri produk masing-masing, ada yang berbentuk lapak meja, lapak setengah lesehan. Tersedia pula lapak kuliner dan sebuah kafe kelas premium.

Rencananya adakan diisi oleh gerobak atau lapak 36 pedagang klithikan, dan 20 produk IKM dan kuliner tradisional.

Barang-barang penghuni Galeri Industri Kreatif juga bukan sembarang produk, menurut Ketua Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L), Hevearita Gunaryanti Rahayu, semua produk akan dilakukan kurasi terlebih dahulu.

“Semua akan dikurasi, masuk Geleri Industri Kreatif adalah produk pilihan dengan kualitas premium,” kata Ita, sapaan akrabnya, Jumat (5/4/2019).

Bahkan Ita, juga akan menata kluster lapak itu tidak sembarangan. Penataan produk akan ditata sedemikian rupa. Tidak ala kadarnya seperti pasar tradisional.

Ketua BPK2L sekaligus Wakil Wali Kota Semarang Hevearita G. Rahayu meninjau Galeri Industri Kreatif

“Akan ditata sedemikian rupa hingga memiliki daya jual, dan betah bagi pengunjung saat berbelanja,” tutur Ita.

Rencananya, Galeri Industri Kreatif itu akan selesai pada akhir April 2019 ini, berbarengan dengan target selesainya revitalisasi Kota Lama pada akses dan jalan-Jalan di Kota Lama.

“Biar lebih enak berbelanja dan berkunjung, maka akan disesuaikan selesainya proyek Kota Lama, rencana opening akhir April ini,” terangnya.

Adanya gedung Geleri Industri Kreatif, akan menambah destinasi wisata belanja yang ada di komplek ‘Little Netherland’ tersebut. Kota Lama akan menjadi sebuah komplek wisata yang one stop service bagi para wisatawan berkunjung.

“Ini untuk mendukung Kota Lama sebagai kota pusaka warisan dunia oleh UNESCO, jadi semua gedung-gedung tua akan hidup kembali dengan aktivitas masyarakatnya,” tukasnya. (win)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.