Paket III Terminal Baru Bandara Ahmad Yani Dikebut

Operasional Bandara Maret 2018

0 486

SEMARANG, generasipiknik.com – Pengerjaan proyek pengembangan bandara international Ahmad Yani Semarang terus dikebut. Saat ini pengerjaan paket I dan II telah rampung 100 persen pengerjaannya. Paket III berupa terminal bandara progres menccapai 23 persen.

“Paket I berupa jalan dan akses sudah rampung, Paket II landasan apron dan taxiway juga rampung 100 persen. Progres terminal bandara dalam Paket III sudah jalan 23 persen, berupa pondasi selesai dan kini pembangunan gedungnya,” kata Project Manager Pengembangan Bandara Ahmad Yani, Toni Alam.

Sementara Paket IV berupa bangunan operasional dan penunjang tengah dalam proses lelang dan diharapkan seminggu kedepan sudah ada pemenangnya.

“Paket V, ini paket baru, pengerjaan water treatment management, karena konsep kita agar bandara tidak kekeringan saat kemarau atau banjir saat hujan. Dimana lingkungan bandara akan dikelilingi air dengan konsep water osmosis, dari air ” katanya.

Lingkungan bandara akan dilengkapi dengan danau buatan dengan dukungan air tambak dan laut. Pengerjaan Paket V disebabkan adanya pengurukan dipesisir laut berdekatan dengan lokasi pembangunan proyek bandara.

“Awalnya tak ada Paket V namun karena ada reklamsi jadi kita harus mengelola sistem pengelolaan air sendiri. Paket V dikerjakan awal 2018, konsep ini mendukung Bandara Ahmada Yani yang Eco Green Airport,” katanya.

Saat ini total pengerjaan seluruh paket proyek bandara Ahmad Yani mencapai 31 persen. Diharapkan pada Maret 2018 sudah bisa dioperasikan.

“Januari akan ditinjau oleh Staf Kepridenan, apakah layak Maret dioperasikan atau tidak. Setidaknya dioperasikan dengan standar minimal, ada runway, taxiway, terminal, dan akses,” tukansya. (win)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.