Pemilihan Putri Mandalika di Malam Puncak Festival Pesona Bau Nyale 2018

Dimeriahkan Drama Kolosal Putri Mandalika

0 261

MATARAM – Tak hanya kemeriahan menangkap cacing nyale yang diyakini jelmaan dari Putri Mandalika. Malam puncak Festival Pesona Bau Nyale pada 6 Maret 2018, akan digelar Penobatan Putri Mandalika, di Pantai Seger Mandalika Lombok.

Rangkaian lainnya yakni secara spektakuler disuguhkan aksi penampilan Drama Kolosal bertemakan Putri Mandalika, Tarian, Gendang Beleq serta hiburan lainnya.

Penetapan malam puncak Festival Pesona Bau Nyale diputuskan berdasarkan sangkep warge’ atau rapat penetuan tanggal pelaksanaan malam puncak yang dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh budayawan, tokoh adat dan sesepuh adat lainnya. Tanggal puncak pengambilan nyale jatuh pada tanggal 7 Maret 2018 dini hari.

Kegiatan Bau Nyale dari tahun ke tahun selalu berkembang. Berawal dari kegiatan tingkat RT, kegiatan tingkat dusun, tingkat desa, kabupaten bahkan hingga tingkat provinsi.

Berbagai rangkaian kegiatanpun dilaksanakan, yang intinya berhubungan dengan adat masyarakat Lombok. Bahkan setiap tahunnya, selalu dilaksanakan ‘Pemilihan Putri Mandalika’, di Pantai Seger, kawasan pantai di bagian selatan Pulau Lombok yang terdapat Patung Putri Mandalika dengan tiga pangeran yang mengejarnya.

Pada tahun 2018 ini, kegiatan Bau Nyale telah ‘naik kelas’, jika pada tahun sebelumnya kordinasi kegiatan ini hanya setingkat Dinas Pariwisata NTB, namun pada tahun ini Bau Nyale telah menjadi bagian dari 100 Wonderful Event Kementerian Pariwisata, sehingga tingkat kordinasinya dilakukan hingga Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Ini artinya, Bau Nyale tidak sekedar event untuk masyarakat lokal, melainkan bau nyale sudah seharusnya dijual lebih luas lagi untuk mendatangkan wisatawan nusantara hingga wisatawan mancanegara. Maka, dari segi nama kegiatanpun untuk tahun 2018 berubah menjadi Festival Pesona Bau Nyale 2018 dengan tema The Greatness Of Lombok Culture. (win)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.