Selain Hadiah Uang, Pemenang Lomba Sketsa Cagar Budaya Masuk Kalender Dekkson 2020

0 257

SEMARANG, generasipiknik.com – Lomba sketsa tingkat nasional digelar di Semarang, gelaran yang bertema sketsa bangunan cagar budaya berhadiah Rp 20 juta. Lomba dibuka mulai Jumat (17/5/2019), kemarin.

Menariknya, pemenang lomba dengan karya terbaik akan dimasukan dalam latar kalender Dekkson tahun 2020 yang bakal didistribusikan dalam skala nasional.

“Kami mengajak semua kalangan, khususnya para arsitek dan sketcher untuk berpartisipasi dalam lomba ini,” kata Sugiarto, panitia lomba.

Lomba yang diinisiasi oleh Komunitas Arsisketur dan disponsori Dekkson ini dibuka dari 17 Mei hingga 13 Juni. Ada pun batas akhir pengumpulan karya adalah 20 Juni. Dan karya terbaik akan diumumkan pada 7 Juli 2019.

Juventus selaku Tim Teknis Kegiatan Lomba menambahkan, untuk media gambar sketsa dibebaskan, hanya saja harus di atas kertas berukuran A3.

“Teknik menggambarnya juga bebas. Masing-masing peserta boleh mengirim lebih dari satu karya,” katanya.

Terkait obyek sketsa cagar budaya, pihaknya telah menentukan ada 15 kota yang dipandang menarik sebagai tema lomba sketsa.

“Ada 15 kota yang dipandang menarik untuk disketsa, dari mulai Semarang, Salatiga, Jakarta, Palembang, Makassar, Bandung, Cirebon, Malang, Lasem, dan masih banyak yang lainnya,” jelasnya.

Para peserta dalam menggambar juga dibebaskan tanpa harus datang ke lokasi cagar budaya, bisa berdasar referensi photo.

“Misal peserta dari Jakarta tidak harus menggambar bangunan cagar budaya yang ada di Jakarta. Kami ingin membuka peluang semua orang untuk mengeksplor berbagai cagar budaya yang ada di Indonesia,” imbuh Juve.

Untuk lebih rincinya, terkait persyaratan teknis dan ketentuan lomba bisa diuduh melalui link http://bit.ly/TOR-LOMBASKETSA.

Lomba akan dipandu oleh lima orang juri, yakni Elkabing dari Surabaya, Agustinus Magiana Putra dari Yogyakarta, Juventus dan Tito dari Komunitas Arsisketur, dan satu juri lain dari Dekkson.

“Kriteria penilaiannya yang terpenting tetap mempunyai roh sketsa. Karena antara sketsa dengan lukisan beda, meskipun itu mirip, tetap ada perbedaannya, dan yang kami inginkan adalah memenuhi unsur sketsa,” jelasnya.

Untuk diketahui, peserta dengan karya terbaik akan mendapatkan Rp 7 juta. Terbaik kedua Rp 5 juta, terbaik ketiga Rp 2,5 juta, terbaik keempat hingga enam masing-masing Rp 1 juta, dan terbaik ketujuh hingga sebelas sebesar Rp 500 ribu. Total Rp 20 juta. (win)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.