Maret, Ribuan Warga Berebut Cacing Nyale di Pantai Seger Lombok

Kick Off Festival Pesona Bau Nyale 2018

0 207

MATARAM – Awal Maret 2018 ribuan orang akan berkumpul di Pantai Selatan Pulau Lombok. Telah menjadi kegiatan tahunan dari masyarakat Lombok, untuk berkumpul di pantai selatan demi menanti datangnya cacing (nyale) laut.

Tradisi ini dikenal dengan nama Bau Nyale. Bau Nyale bukan sekedar kegiatan menangkap cacing, melainkan terdapat nilai historis yang begitu kuat dan melekat di dalam masyarakat yang hingga saat ini dikenal dengan cerita ‘Putri Mandalika’.

Cerita Putri Mandalika secara singkat merupakan cerita tentang pengorbanan seorang putri cantik yang menjadi idaman para pangeran di jaman kerajaan dulu. Namun, untuk menghindari pertikaian yang mungkin dapat terjadi karena memperebutkan dirinya, maka sang putri memutuskan untuk mengorbankan dirinya ke laut.

Cerita ini terus berkembang di dalam masyarakat Lombok, dan menurut ceritanya, semenjak kepergian sang putri, setiap tahunnya sang putri akan kembali namun dalam bentuk cacing. Sehingga sejak saat itulah pada setiap awal tahun masehi yang disesuaikan dengan penanggalan Sasak (suku asli Lombok), masyarakat berbondong-bondong akan berkumpul ke Pantai Selatan Pulau Lombok untuk menangkap cacing atau nyale. Maka dikenallah kegiatan ini dengan nama ‘Bau Nyale’.

Rangakain kegaitan Bau Nyale akan terpusat di Kawasan Mandalika, Lombok Tengah dan kick-off kegiatan akan berlangsung pada 20 Februari 2018 berlangsung di Pantai Kuta-Mandalika, Pantai yang mulai disorot setelah Presiden Joko Widodo membuat vlog singkat yang ditemani oleh Bapak Gubernur NTB.

Setelahkick-off, akan dilaksanakan berbagai kegiatan pendukung sebelum menuju kegiatan puncak yang akan berlangsung pada tanggal 6 Maret 2018 berlokasi di Pantai Seger, Lombok Tengah.

Pada malam puncak Festival Pesona Bau Nyale yang akan berlangsung pada malam hari tanggal 6 Maret 2018 ini. Akan ditampilkan beragam penampilan seperti Drama Kolosal bertemakan Putri Mandalika, Penobatan Putri Mandalika, Tarian, Gendang Beleq serta hiburan lainnya. (win)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.