Cemoro Pitu Siap Jadi Embrio Desa Wisata di Blora

0 107

BLORA, generasipiknik.com – Kabupaten Blora Jawa Tengah mulai menata diri dalam menjual destinasi wisata berupa desa wisata. Potensi alam berupa pedesaan dan hutang sangat mampu menjual terutama pada sektor wisata agrobisnis.

“Potensi Blora memang banyak hutan, khususnya di Randublatung berupa wisata alam, yang mampu dikembangkan menjadi wisata alam, religi, kuliner,” kata Tri Pujianto, Lurah Wulung, dalam acara Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Destinasi Pariwisata, di Gedung Kecamatan Randublatung, Blora, Jawa Tengah Kamis, (28/2/2019).

Pelatihan Pengambangan Desa Wisata di Kabupaten Blora oleh Disporapar Jateng

Di wilayahnya, lanjut Tri, siap menjadi embrio pengembangan destinasi berupa desa wisata. Saat ini tengah dikembangkan desa wisata Cemoro Pitu.

“Cemoro Pitu merupakan pusat kebun buah, terutama kelengkeng dan durian. Potensi agribisnis bisa dikawinkan menjadi desa wisata agrobisnis,” ujarnya.

Di Cemoro Pitu, selain banyak kebun buah, seperti kebun buah durian, jambu, rambutan, kelengkeng, pepaya, dan lainnya. Ditambah ada destinasi pelengkap lainnya yakni wisata alam Waduk Greneng, saat ini waduk itu dalam tahap pembangunan berupa pengerukan.

Dia berharap, adanya pelatihan desa wisata ini mampu menjadi motivasi para warganya maupun desa lainnya di Blora, untuk bisa mengembangkan potensi wilayahnya menjadi desa wisata.

Staf Bidang Destinasi Taviv suhendra menambahkan, ada 223 desa wisata di Jawa Tengah yang sudah mengantongi surat keputusan (SK) dari propinsi Jateng. Di Blora, dia menyebut, baru ada satu desa wisata yang mengantongi SK.

“Desa Wisata Cemoro Pitu sudah mendapat SK, artinya layak sebagai desa wisata dan tujuan destinasi,” katanya.

Dia juga ingin, dengan potensi hutan yang ada, Blora mampu mengembangkan lagi sebagai potensi wisata alam yang sangat menjual.

“Kalau bisa potensi-potensi seperti perbukitan, buah-buahan, kuliner dan lainnya bisa di kembangkan secara bersama-sama dengan warga desa setempat,” harapnya.

Potensi wisata di Kabupaten Blora diantaranya ada Waduk Tempuran, Goa Terawang, Embung Seloparang, Bukit Cengklik, Taman wisata Tirtonadi, Water Splash, dan masih ada lainnya

Hadir dalam acara pelatihan Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah, Perwakilan tiap-tiap desa di Kecamatan Randublatung, Perajin Batik, dan Tokoh Masyarakat. (ariyanto/win)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.