Kota Semarang Sambut Malam Tahun Baru

Dari Counting Down di Balaikota, Nella Kharisma Goyang PRPP sampai Pesta Lampion Waduk Jatibarang

0 251

SEMARANG, generasipiknik.com – Bermacam suguhan hiburan mulai dari pentas musik, seni, sampai pesta kembang api akan disuguhkan dalam menyambut malam pergantian tahun 2017 atau malam tahun baru 2018. Beberapa lokasi favorit dipastikan akan menjadi titik kumpul ribuan warga Kota Semarang.

Di tahun ini, Pemerintah Kota Semarang akan memusatkan malam counting down (menghitung waktu mundur) di halaman Balaikota Semarang. Jika beberapa tahun terakhir ini selalu di pusatkan di titik Nol Kilometer depan Kantor Pos Besar Semarang.

“Ada pentas seni akhir tahun, dimeriahkan hiburan musik The Sigit, Rockstar, Sangkala, sampai hiburan musik rakyat OM Dewan Daru. Bahkan melibatkan pula grup The Corp Polda Band,” kata, Heri Rockstar, panitia Pentas Akhir Tahun 2017.

Pemusatan acara di Balaikota ini akan menutup penuh akses Jalan Pemuda dari Mal Paragon sampai kawasan Simpang Tugumuda. “Karena Jalan Pemuda akan tumpah ruah ribuan warga, ada panggung besar dan layar besar pas depan Jalan Pemuda,” katanya.

Tempat lainnya yang menjadi favorit mencari hiburan musik yakni di PRPP (Pusat Rekreasi Promosi dan Pembangunan). Ada artis nasional maupun lokal. Salah satunya menghadirkan pedangdut yang sedang naik daun yaitu Nella Kharisma, pada malam 31 Desembernya.

“Mulai 28 Desember sudah ada festival kuliner, distro clothing festival, hobby and toys. Ini 4 hari hiburan. Puncaknya hari Minggu (31/12), akan tampil orkes melayu, OM Sera. Tak ketinggalan juga dimeriahkan pesta kembang api,” kata Direktur PT PRPP, Titah Listiorini.

Bagi yang suka suasana romantis dengan gemerlap pesta kembang api, bisa menyambangi daerah Semarang bagian atas, di Taman Tabanas, Gombel. Dari puncak Gombel akan terlihat pemandangan Kota Semarang di malam hari, terutama saat detik counting down akan terlihat ribuan nyala kembang api dari Semarang bagian bawah.

Sedikit turun kebawah, masih di perbukitan, yakni di Pura Agung Giri Natha Jalan Sumbing Lempongsari, disini akan dihadirkan pentas seni Tari Bali, pesta kuliner Bali, dan pesta kembang api.

Hiburan kembang api favorit warga, juga akan digelar di Pantai Marina Semarang. Lokasi di lapangan parkir Marina Convention Center (MCC) ini tiap tahun dipadati ribuan pengunjung dari berbagai daerah bahkan luar kota Semarang.

Tips untuk ke sana, masyarakat diharap datang awal sekitar pukul 20.00 WIB, karena lalu lintas akan padat sekali. Di atas jam itu dijamin pasti akan terlambat sampai lokasi.

Di Pantai Marina, sangat cocok melepas pergantian malam tahun, selain ada hiburan musik dangdut juga bisa menikmati malam sampai pagi hari dengan duduk di tepi pantai.

Bagi yang ingin sekedar duduk-duduk menghabiskan malam Tahun Baru, boleh jadi sambangi titik pusat Kota Semarang lainnya yakni kawasan Tugumuda, Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Taman Srigunting dan Gereja Blenduk Kota Lama Semarang. Pesta kembang api akan digelar di area itu, meski kebanyakan yang menyalakan adalah warga setempat atau perusahaan, hotel yang ada disekitar wilayah itu.

Lokasi lainnya, yakni di pinggiran Kota Semarang, di Waduk Jatibarang Kecamatan Gunungpati, disana akan digelar kesenian daerah serta pesta lampion dan kembang api yang diterbangkan di tengah waduk dan sekitar bendungan.

“Sudah tahun lalu ada pagelaran perayaan tahun baru di Waduk Jatibarang, ini mampu menyedot pengunjung meski di malam hari. Besok malam perayaan tahun baru akan lebih meriah dengan pesta penerbangan lampion dan kembang api di Waduk Jatibarang,” kata Ronny Tjahjo Nugroho, Camat Gunungpati Semarang.

Pengelolaan acara pun swadaya oleh masyarakat sekitar dengan melibatkan penuh pemuda Karang Taruna dari Kelurahan Kandri Kecamatan Gunungpati. (win)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.