Lomba Baca Puisi Piala Bambang Sadono Berhadiah Ratusan Juta

0 309

SEMARANG, generasipiknik.com – Hadiah lomba baca puisi bisanya hanya berkisar jutaan saja. Berbeda dengan yang dilakukan oleh penyair sekaligus politisi Bambang Sadono, hadiahnya mencapai ratusan juta rupiah.

Dinamai Lomba Baca Puisi Piala Bambang Sadono, dimulai dari seleksi tingkat kabupaten kota se Jateng. Seleksi daerah ini dilakukan hampir satu tahun di 2018 ini.

“Lomba Baca Puisi Piala Bambang Sadono dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama seleksi tingkat Kabupaten /Kota pada Februari-Desember 2018. Tahap Kedua yaitu Final tingkat Jawa Tengah akan diselenggarakan pada Januari 2019,” katanya Bambang Sadono.

Disampaikannya, lomba baca puisi ini tidak dibatasi kelas, bersifat umum dengan usia antara 15-25 tahun. Peserta bisa mendaftar di sekretariat tiap kabupaten / kota masing-masing pada 25 Januari – 25 Februarie2018. Sementara, di Semarang juga akan dibuka pendaftaran dan seleksi bagi warga yang berbeda KTP luar Semarang, seperti mahasiswa.

“Targetnya ada sekitar 3500 peserta, tiap daerah akan dipilih tiga terbaik dan akan ikut final di Semarang. Jadi ada 105 perseta bertarung di final,” tambahnya.

Tak seperti kebanyakan lomba baca puisi lainnya, di lomba kali ini hadiahnya cukup besar. Selain piala, juara pertama mendapat hadiah Rp.10 juta, juara dua Rp.7,5 juta, juara tiga Rp.5 juta, dan 10 juara harapan mendapat Rp.2,5 juta.

“Termasuk juara seleksi tingkat kabupaten kota juga mendapat piala dan uang pembinaan antara Rp.250 ribu sampai Rp.1 juta,” tambahnya.

Sementara, salah satu juri, Handry TM, menyampaikan, dalam seleksi peserta wajib membawakan satu puisi karya Bambang Sadono yang ada dalam buku kumpulan sajak puisi Sumpah Setyaki. Dua puisi lainya bebas.

“Jadi peserta saat mendaftar Rp.50 ribu akan mendapat buku kumpulan puisi Sumpah Setyaki, silakan memilih puisi yang akan dibawa. Para juri akan menilai dengan aspek ada penampilan, kekuatan vokal, dan penafsiran. Itu akan kita rancang dan jabarkan lagi agar lebih detail penilaiannya,” katanya.

Lomba Baca Puisi Piala Bambang Sadono ini tak hanya memberikan penghargaan bagi penyair muda dan karya sastra. Juga sebagai persiapan menciptakan sebuah sistem penjurian yang baku, sehingga bisa digunakan sebagai standar untuk seluruh Jawa Tengah. (win)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.