Pasarkan Wisata Solo-Sragen, Disporapar Fam Trip Bersama Agen Travel Jawa Timur

0 268

SOLO, generasipiknik.com – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Jawa Tengah menggandeng para pelaku industri pariwisata dari Jawa Timur untuk mengenal dan mengeksplore destinasi di wilayah Solo dan Sragen.

Pelaku industri wisata itu terdiri dari agen wisata dan biro perjalanan yang ada di Jawa Timur seperti Surabaya, Sidoarjo dan daerah lainnya.

Acara yang bertema Fam Trip On The Spot Jawa Tengah 2019, akan mengeksplore tempat wisata selama tiga hari, dari Selasa sampai Kamis (26-28/2/2019), akan diajak mengunjungi mulai dari destinasi alam, budaya, dan destinasi buatan.

Tanti Apriani, Kepala Seksi Pengembangan dan Pemasaran Disporapar Jateng mengatakan, dipilihnya para pelaku industri pariwisata asal Jawa Timur karena pertimbangan akses yang lebih mudah dan efektif adanya tol Trans Jawa.

“Akses sangat mudah terhubung tol untuk menuju Solo dan Sangiran, hanya 2,5 jam dari Surabaya dan sekitarnya untuk menjual ke Solo,” katanya, disela opening Jateng On The Spot 2019, Selasa (26/2/2019).

Di hari pertama, rombongan akan dibawa menuju Kabupaten Karanganyar, menuju destinasi wisata alam di bawah kaki Gunung Lawu. Diantaranya mengunjungi air terjun Jumog, lalu kebun teh Kemuning, Candi Sukuh atau Candi Cetho, dan Rumah Atsiri.

Masih di kaki Gunung Lawu, lebih ke daerah bawah dilanjut mengunjugi destinasi budaya mengunjungi makam mantan presiden RI ke dua Soeharto, Makam Raden Mas Said, dan Makam Mangkunegaran IV.

Di hari kedua rombongan akan dibawa mengeksplore tempat wisata di Kota Solo sepeti Museum Keris, Pura Mangkunegaran, workshop membatik di Gondosuli Laweyan, mengubungi Heritage Palace, dan di malam hari akan menikmati pertunjukan wayang orang di Sriwedari.

Sementara di hari terakhir, akan mengeksplore wisata sejarah di Kabupaten Sragen yakni situs Purbakala Sangiran. Rombongan akan melihat Museum Purbakala Sangiran, mengunjungi menara pandang Sangiran, mengunjungi pabrik gula Tjolomadoe.

“Fam Trip ini akan menciptakan paket-paket wisata bagi agen wisata di Jatim, menjadikan tujuan berwisata di Jateng sebagai pilihan,” kata Tanti.

Pihaknya mengungkap, ada 621 destinasi wisata di Jateng yang tersebar secara merata. Termasuk di wilayah Solo Raya dan Sangiran. Kemudahan akses dan tidak macet menjadi pilihan utama berwisata ke situ.

“Di Jatim terkonsentrasi pada Batu dan Malang, bahkan sudah macet. Jateng terkenal tidak macet, maka ini menjadi pilihan dalam menikmati wisata dan liburan,” ujarnya.

Bahkan, berwisata di Solo Raya dan Sangiran kini menjadi pilihan utama bagi wisatawan luar daerah. Berdasar survei pihaknya, banyak kendaran berplat luar daerah Jateng saat berlibur.

“Karena di Jabar terkonsentrasi di Bandung, di Jatim terkonsentrasi di Malang. Nah di Jateng itu bisa ke Solo, Semarang, Karimunjawa, Borobudur, Rembang, Dieng, dan lainnya. Banyak saat liburan kendaran plat luar Jateng masuk, ini menunjukan jika wisatawan Jabar dan Jatim butuh ketenangan dan tanpa macet. Pilihannya ke Jawa Tengah,” tukasnya. (win)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.