Sandi Ganjar Sepakat Gercep dan Geber Desa Wisata Jawa Tengah

Luncurkan Antologi 30 Desa Wisata berjudul: “Jejak Desa Vol.1: Membangun Desa Wisata -Desa Wirausaha”.

0 57

GENERASIPIKNIK – Menparekraf Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sepakat gerak cepat dan gerak bersama untuk desa wisata –desa wirausaha Jawa Tengah.

Kesepahaman ini terjadi dalam acara “Sesarengan Kagem Desa Wiyata Lan Kawirausahaan Jawa Tengah” yang digelar Senin (10/5) malam WIB, secara online via aplikasi Zoom, oleh Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI). 

Menparekraf Sandiaga Uno berharap melalui acara ini bisa menghadirkan kepulihan ekonomi, kebangkitan pariwisata serta pembukaan lapangan kerja.

“Saya lihat justru lokomotif pembangunan bangsa itu ada di pedesaan,” kata Menteri Sandiaga.

Karenanya,  Menparekraf Sandiaga melihat jika desa wisata menjadi opsi utama dalam optimalisasi membangun bangsa.

Untuk mengoptimalis, Sandiaga membeberkan strategi 3C, yakni Commitment, Competence, dan Champion.

“Di Kemenparekraf kita ada Commitment. Kita sudah angkat desa wisata sebagai program unggulan kita,” terangnya.

Kedua, lanjut Sandiaga dengan membangun Competence, dimana harus ada sistem yang jalan sebagai motor penggerak desa wisata. 

“Nggak boleh hanya Superman, tapi harus ada Superteam,” katanya.

Yang ketiga, Sandi menyebut unsur Champion. Desa punya keunggulam tersendiri dengan keunikan dan ciri khas sebagai desa wisata masing-masing.

“Di desa itu ada champion-champion sendiri”, terang Sandi.

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melontarkan pujian kepada Menparekraf Sandiaga terkait semangat sang menteri membangun desa wisata.

“Pak Menteri, Bang Sandi, terima kasih. Beliau ini rajin banget kalau urusan Desa Wisata, bikin kita semangat bangun desanya dan teman-teman jadi punya energi lebih karena merasa ditemani menterinya,” papar Ganjar.

Dalam acara yang dimoderatori langsung oleh Ketua ADKI, Fikri El Aziz, diluncurkan pula Antologi 30 Desa Wisata dalam buku berjudul: “Jejak Desa Vol.1: Membangun Desa Wisata -Desa Wirausaha”.

Terkait hal itu, ADKI mengharapkan Desa Wisata jadi lokomotif ekonomi di desa.

Ketua ADKI Fikri El Aziz mengatakan, ADKI mendukung penuh langkah Kemenparekraf untuk menjadikan Desa Wisata sebagai program unggulan.

“Hari ini ADKI juga meluncurkan program Jejak Desa (Jelajah & Belanja Kreatif Desa Wisata) sebagai bentuk kolaborasi besar dalam membangun desa wisata bersama Kemenparekraf & Kemendes PDTT RI,” katanya.

Acara Diskusi Gerak Bersama Untuk Desa Wisata – Desa Wirausaha Jawa Tengah ini dihelat secara online dihadiri oleh Sandiaga Salahuddin Uno selaku Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif, sekaligus Ketua Dewan Pembina Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI), Budi Arie Setiadi selaku Wakil Menteri Desa PDDT, Dewan Pembina ADKI, serta Fikri El Aziz – Ketua ADKI dan Shafigh Pahlevi Lontoh – Sekjend ADKI. ***

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.