‘Si Kenang dan Si Denok’ Bus Tingkat Gratis Antar Keliling Wisata Semarang

0 254

SEMARANG, generasipikinik.com – Wisatawan yang berkunjung ke Semarang makin dimanjakan dengan hadirnya bus tingkat (double decker) berstandar Eropa. Bus pabrikan MAN Jerman tersebut disediakan gratis bagi wisatawan saat berkeliling wisata Kota Semarang.

Bus tersebut dinamai Si Kenang dan Si Denok, diambil dari nama pemilihan ikon duta wisata Kota Semarang Kenang (putra) dan Denok (Putri). Bus Si Kenang sudah ada satu tahun sebelumnya, dan dilengkapi Si Denok hasil pemberian program CSR dari PT. Bank CIMB Niaga.

“Kebutuhan bus tingkat wisata ini luar biasa, masyarakat antusias berkeliling wisata Semarang, antrian Si Kenang sampai 500 meter tiap hari. Ini sudah ada tambahan Si Denok, jadi sudah sepasang,” kata Hendrar Prihadi Walikota Semarang, usai penyerahan bus Si Denok dari CIMB Niaga, di Balaikota Semarang, Rabu (26/9).

Untuk menjajalnya, bus berwarna merah dua tingkat itu, sangat mudah dijumpai wisatawan, setiap harinya akan berangkat dari Museum Ronggowarsito pada pukul 06.00 WIB, lalu menyusuri Jalan Jenderal Sudirman menyambangi destinasi wisata seperti Tugu Muda dan Gedung Lawang Sewu. Kemudian lewat Jalan Imam Bonjol menuju Stasiun Tawang dan akan singgah di Jalan Letjend Suprapto di Kawasan Kota Lama Semarang.

Selanjutnya bus akan menyusuri Jalan Pandanaran, wisatawan bisa mampir di pusat oleh-oleh khas Semarang di Bilangan Pandanaran. Dilanjut menuju kawasan Simpang Lima, dan kemnali menyusuri Jalan Pandanaran ke arah Jalan Dr Sutomo untuk singgah di Kampung Pelangi dan Pasar Kembang Kalisari.

Tak hanya itu, wisatawan akan diajak menuju tempat wisata Klenteng Sam Poo Kong, lalu balik kembali ke Museum Ronggowarsito melalui Jalan Pamularsih. Ada beberapa jam keberangkatan, dari pukul 06.00, 09.00, 11.00, untuk hari Senin – Jumat, sedangkan hari Sabtu dan Minggu ditambah pemberangkatan pukul 15.00 WIB.

Selama perjalanan, fasilitas nomor wahid dari bus yang ditaksir senilai Rp.3 miliar itu ada fasilitas kursi yang nyaman, AC, fasilitas difabel, WiFi, layar LCD, serta guide wisata.

Presiden Direktur PT CIMB Niaga Tbk, Tigor M Siahaan mengatakan, sumbangan bus tingkat Si Denok sebagai partisipasi CIMB Niaga dalam pengembangan pariwisata di kota Semarang.

“Kota Semarang program pariwisatanya sangat rapih, teratur dan sudah prepare untuk bagaimana menunjang pariwisata jadi kami lihat sangat pas menjalin kerjasama dengan kota Semarang,” kata Tigor.

Dari sisi spesifikasi bus tersebut sama persis dengan bus double decker yang ada di London dan daerah Eropa Lainnya. Hanya saja tidak terbuka kabin.

“Ini sama persis seperti di Eropa, buatan MAN Jerman dan yang paling bagus, kokoh, dan durable, jadi bukan KW (tiruan),” katanya.

Tigor menilai, bus berkapasitas 53 kursi tersebut akan ramai diminati wisatawan. Apalagi dukungan bandara yang baru akan semakin memudahkan wisatawan berkunjung ke Semarang.

“Kami lihat potensi di Semarang sangat baik, saya datang baru pertama kali turun di air port yang baru, sangat rapih dan sangat mengesankan dan bus Si Denok akan menunjang pariwisata kedepan,” paparnya. (win)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.