Transaksi Tiketing BRT Lebih Mudah dengan Aplikasi OVO

0 233

SEMARANG, generasipiknik.com – Pemerintah Kota Semarang makin memantapkan aplikasi smart city, kali ini Badan Layanan Umum (BLU) transportasi massal bus rapid trans (BRT) menjalin kerjasama dengan PT. Visionet Internasional (OVO) sebagai aplikasi media transaksi cashless.

“Ini sesuai program Kota Semarang, smart city, program pembayaran non tunai (cashless) saat membayar di BRT,” kata Kusnandir, Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Semarang.

Kerjasama itu disinergikan pula antara BRT, OVO, dan transportasi online Grab. Grab sendiri akan menjadi feeder transportasi yang ada di tiap shelter BRT.

“Aplikasi OVO menyediakan pembayaran tiket BRT di seluruh halte Trans Semarang melalui pembayaran nontunai yang lebih simple, instan, dan aman menggunakan aplikasi,” katanya.

Kusnandir beharap, aplikasi OVO menjadi pilihan pengguna BRT dalam bertransaksi tiketingnya.

“Harapannya, kerja sama dengan OVO tidak hanya berhenti di sini. Masih ada fasilitas yang bisa dikembangkan dari kerja sama ini ke depannya dalam sistem pembayaran nontunai,” katanya.

Direktur Utama OVO Adrian Suherman menyatakan, OVO sengaja memilih bekerjasama dengan Pemkot Semarang karena Semarang berbeda dengan kota-kota lainnya.

“Semarang pelopornya, kota ini sangat dinamis dalam menerapkan program smart city sehingga kami pilih,” katanya.

Untuk bisa memanfaatkan aplikasi OVO, masyarakat cukup mengunduh aplikasi OVO di smartphone dan bisa langsung digunakan untuk bertransaksi.

“Setelah install aplikasi, harus mengisi saldo dompet (top up) yang bisa dilakukan di gerai OVO, Alfamart, maupun melalui transaksi perbankan via ATM dan online banking,” ujarnya.

Kemudahan aplikasi ini menurutnya, masyarakat tidak perlu repot memikirkan uang recehan, uang kecil, atau uang kembalian.

Sistem pembayaran nontunai (cashless society), kata dia, akan terus dikembangkan OVO yang sudah diterima di lebih dari 200 kota di Indonesia, termasuk untuk keperluan belanja dan ritel.

Aplikasi OVO akan melengkapi beberapa pilihan yang sudah ada sebagai sarana transaksi cashkess, seperti Smartcard, TapCash, Brizzi, dan TCash. (Win)

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.